SANLEX Dukung Pelestarian Cagar Budaya Bangunan Heritage Hubdam III/Siliwangi

 

Bandung (10/02/2020), Sanlex mewujudkan kepedulian terhadap pelestarian bangunan Heritage di Kota Bandung melalui bantuan untuk pengecatan Bangunan Hubdam III/Siliwangi. Sekira 1,5 ton cat yang terdiri dari cat dasar dan cat tembok Sanlex Prodigio diterima langsung oleh Kepala Hubdam III/Siliwangi, Kolonel Widodo.
Sanlex berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi bagi lingkungan dan masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), salah satunya dengan pemberian bantuan cat untuk pelestarian Bangunan Heritage dan Cagar Budaya.
Bangunan Hubdam III/Siliwangi merupakan bangunan cagar budaya yang dimanfaatkan sebagai gedung perkantoran TNI AD yaitu satuan perhubungan komando daerah militer III/Siliwangi (Hubdam III/Siliwangi). Dengan usia yang telah mencapai 109 tahun, tentunya bangunan tersebut memerlukan perhatian khusus agar tertap kokoh dan indah.
Gedung Hubdam III memiliki sejarah Panjang. Pada masa kolonial Belanda, Gedung yang berlokasi di Jalan Mohammad Toha no 55 tersebut berfungsi sebagai sekolah pangreh praja bernama MOSVIA (Middelbare Opleidingsschool voor Inlandsche Ambtenaren ). Arsitektur Gedung Mosvia bergaya Indische Empijre Stijl, dengan ciri khasnya berupa pilar-pilar kokoh.

Middelbare Opleidingsschool voor Inlandsche Ambtenaren (MOSVIA, “sekolah menengah pendidikan pangreh praja”) di Bandung (tahun 1929)

 

Sanlex Prodigio adalah cat tembok berbahan acrylic emulsion yang dapat digunakan di area interior maupun exterior. Selain efisien karena cukup 2x lapis, Sanlex Prodigio juga dilengkapi dengan Light-scattering Technology yang mampu menyebarkan cahaya serta menjadikan permukaan dan warna dinding terlihat lebih rata.
Diharapkan dengan pengecatan ulang menggunakan Sanlex Prodigio, bangunan Hubdam III/Siliwangi dapat terjaga kelestariannya, menjadi tempat bekerja yang nyaman sekaligus sebagai daya tarik wisata dan pengenalan sejarah kota Bandung pada khususnya.